.

.

Selasa, 22 Juli 2014

Tea Pot 3 ( Sold )






Tinggi 6,3 cm, Panjang 11 cm
Diameter bawah 5 cm
Kondisi utuh mulus

Rp.575.000,-

Tradisi minum teh telah menjadi kebudayaan besar dalam sejarah manusia. Tercatat dalam beberapa kebudayaan, minum teh menjadi tradisi yang agung, dihormati dan membutuhkan keterampilan tersendiri untuk menyajikannya. Tanaman Teh dalam klasifikasi ilmiah dikenal dengan nama latin Camellia Sinensis, sudah dikenal sejak tahun 2,737 sebelum masehi dalam masa kekaisaran Sheh Nong di Cina. Jadi tradisi minum teh sangat tua setua peradaban manusia itu sendiri. Seperti kopi, teh pun mengandung kafein.

Teh Sebagai Tradisi berbagai negara

Jepang

Tradisi minum teh hijau dalam kebudayaan Jepang disebut Upacara Minum Teh. Teman Saya pernah mencoba mempelajari cara menyajikan teh hijau ala Jepang untuk Upacara Minum Teh ini pada waktu homestay di Hiroshima tahun 1993, tapi ternyata tidak bisa hanya satu dua kali saja dia coba, satu acara Upacara Minum Teh memakan waktu 4 jam, sungguh acara yang berat untuk diikuti. Tradisi minum teh di Jepang telah menjadi kebudayaan yang begitu tinggi norma dan kandungan filsafatnya.

Cina

Dalam tradisi Cina disediakan 2 wadah yang digunakan, yaitu gelas yang digunakan untuk menghirup aroma teh, dan mangkuk yang berfungsi untuk meminum air teh.
Let’s Cook with Han pernah mereportasekan tradisi minum teh di Hongkong, yang caranya teapotnya harus diangkat tinggi-tinggi dan air teh dikucurkan seperti jatuhnya air terjun ke dalam cangkir tehnya. Entah apa rahasia dibalik air teh yang dikucurkan tinggi-tinggi ini. Selain lebih terlihat artistik mungkin teh akan terolah dengan sempurna,

 
Inggris

Di Inggris tradisi minum dikenal sejak abad ke -16. Tradisi minum teh dianggap tradisi bangsawan karena dulu harga teh sangat mahal. Tradisi minum teh di Inggris adalah kebiasaan yang dijadikan ajang sosialisasi pada sore hari yang disebut afternoon tea, dan acara minum keluarga.